Mengenai Saya

Foto saya
saya adalah Ardat Ahmad, seorang pelajar kehidupan. Asal daerah dari Batubara Sumatera Utara sekarang menetap di Medan.Menikah dengan Saidatul Fadilah. Dari pernikahan tersebut kami dikaruniai empat orang anak laki-laki dan perempuan yang kemudian diberi nama Muhammad Taqie Mahdi, Murtadha Alief Ahmad, Muhammad Abizar Mashuri dan Nur Alifah Farhani. email ardat_ahmad@yahoo.co.id.

Labell

Senin, 01 September 2014

Silabus Evaluasi Pembelajaran PAI 2014

            - Deskripsi Mata kuliah                  ...  : Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran pada program studi Teknologi Pendidikan merupakan mata kuliah Keahlian Berkarya. Untuk mengikuti mata kuliah ini mahasiswa harus sudah mengambil mata kuliah Statistika dan Statistika Lanjutan.  Mata kuliah ini berfungsi untuk menunjang mata kuliah Penelitian. Mata kuliah ini berisikan tentang pengertian, tujuan, dan fungsi penilaian, penggunaan hasil penilaian dalam pendidikan pada umumnya dan dalam pembelajaran pada khususnya, prosedur pengembangan alat penilaian, persyaratan alat penilaian dan analisis butir soal, cara pemberian skor dan mengkonversikannya dengan pendekatan PAP dan PAN. Latihan menyusun soal, menskor dan menganalisis serta mengkonversikan menjadi nilai Oleh sebab itu mahasiswa dituntut untuk menguasai konsep penilaian secara rinci dan mampu membuat soal dan menganalisis hasilnya. Di samping itu bisa membuat instrument untuk penilaian dalam bentuk non tes.
- Standar Kompetensi Mata Kuliah               : Setelah mengikuti mata kuliah ini kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah :
1.   Mahasiswa memahami pengertian, fungsi dan tujuan dan prinsip penialaian
2.      Mahasiswa dapat memahami prosedur penilaian dan teknik penilaian
3.    Mahasiswa dapat memahami syarat tes dan alat penilaian yang baik
4.   Mahasiswa dapat membuat kisis-kisi soal dan instrumen
5.  Mahasiswa dapat menyusun butir soal dan instrument bentuk non tes
6. Mahasiswa dapat menganalisis soal dan memperbaikinya
7.     Mahasiswa dapat mengolah sor ujian menjadi nilai
8.    Mahasiswa dapat membuat laporan hasil penilaian
9.    Menguasai program aplikasi untuk pengolahan data hasil evaluasi seperti Microsoft exel dan anates.


.









Materi Kuliah:
1.                         Pengukuran dan penilaian pendidikan.
2.                         Ruang lingkup evaluasi pendidikan
3.                         Tes dan peyusunan tes hasil belajar
4.                         Pendekatan interpretasi hasil tes
5.                         Validitas
6.                         Reliabilitas
7.                         Analisis butir soal
8.                         Konversi nilai

Uraian pokok bahasan materi kuliah pada setiap pertemuan:

1.      silabus dan kegiatan perkuliahan
2.      pengertian dan konsep pengukuran, penilaian, dan evaluasi proses dan hasil belajar.
3.      tujuan dan fungsi evaluasi dalam proses pendidikan dan pembelajaran
4.      prinsip-prinsip penilaian dan ciri-ciri penilaian dalam pendidikan
5.      teknik dan alat penilaian serta prosedur penilaian
6.      persyaratan penilaian dalam pendidikan
7.      prosedur dan langkah pembuatan tes
8.      kelebihan dan kekurangan serta prosedur penyusunan tes dan latihan menyusun tes
9.      menguji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dari tes yang sudah di cobakan dan merevisi soal
10.  cara pemberian skor dan nilai serta berlatih memberi skor dan menilai
11.  mendiskusikan jenis dan macam nun tes serta prosedur penyusunan teknik non tes
12.  menganalisis data hasil non tes
13.  Penggunaan program exel dan anates untuk analisis data evaluasi pembelajaran
14.  menyusun portofolio
15.  menuliskan laporan hasil penilaian






Tugas mahasiswa:
1.      Membuat Resume perkuliahan setiap minggu tentang materi yang akan dibahas
2.      Membuat rencana penilaian
3.      Membuat soal
4.      Mengujicobakan soal
5.      Mengolah hasil uji coba menjadi nilai
6.      Menganalisis soal yang telah dicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indek kesukaran dan daya pembeda, analisis distraktor
7.      Membuat laporan tugas 2 sampai 6 dan mnyerahkannya secara lengkap
8.      Menyusun instrumen penilaian teknik non tes
9.      Menguji cobakan intrumen non tes
10.  Menaganalisis hasil uji coba non tes
11.  Membuatl laporan tugas 8 sampai 10
Referensi:
1. Suharsimi Arikunto, (2007) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
2. M. Ngalim Purwanto, (1986). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung: CV Remaja Karya
3. Cony Semiawan Stamboel, (1986) Prinsip dan Teknik Pengukuran dan Penilaian di dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: PT Mutiara Sumber Widya.
4. T. Raka Joni, (1984) Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.
5. Nana Sudjana, (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
6. Sumarna Surapranata dan Muhammad Hatta, (2004)  Penilaian Portofolio. Bandung: Remaja Rosdakarya.
7. Asnelly Ilyas, (2006) Evaluasi Pendidikan. Batusangkar : STAIN Batusangkar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar