- Deskripsi Mata
kuliah ... : Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran pada program studi Teknologi
Pendidikan merupakan mata kuliah Keahlian Berkarya. Untuk mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa harus sudah mengambil mata kuliah Statistika dan Statistika
Lanjutan. Mata kuliah ini berfungsi untuk menunjang mata kuliah
Penelitian. Mata kuliah ini berisikan tentang pengertian, tujuan, dan fungsi
penilaian, penggunaan hasil penilaian dalam pendidikan pada umumnya dan dalam
pembelajaran pada khususnya, prosedur pengembangan alat penilaian, persyaratan
alat penilaian dan analisis butir soal, cara pemberian skor dan
mengkonversikannya dengan pendekatan PAP dan PAN. Latihan menyusun soal,
menskor dan menganalisis serta mengkonversikan menjadi nilai Oleh sebab itu
mahasiswa dituntut untuk menguasai konsep penilaian secara rinci dan mampu
membuat soal dan menganalisis hasilnya. Di samping itu bisa membuat instrument
untuk penilaian dalam bentuk non tes.
- Standar Kompetensi Mata
Kuliah : Setelah mengikuti mata kuliah
ini kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah :
1. Mahasiswa
memahami pengertian, fungsi dan tujuan dan prinsip penialaian
2.
Mahasiswa dapat memahami prosedur penilaian dan teknik penilaian
3. Mahasiswa
dapat memahami syarat tes dan alat penilaian yang baik
4.
Mahasiswa dapat membuat kisis-kisi soal dan instrumen
5. Mahasiswa
dapat menyusun butir soal dan instrument bentuk non tes
6. Mahasiswa
dapat menganalisis soal dan memperbaikinya
7.
Mahasiswa dapat mengolah sor ujian
menjadi nilai
8. Mahasiswa
dapat membuat laporan hasil penilaian
9. Menguasai program aplikasi untuk pengolahan
data hasil evaluasi seperti Microsoft exel dan anates.
.
Materi
Kuliah:
1.
Pengukuran
dan penilaian pendidikan.
2.
Ruang
lingkup evaluasi pendidikan
3.
Tes
dan peyusunan tes hasil belajar
4.
Pendekatan
interpretasi hasil tes
5.
Validitas
6.
Reliabilitas
7.
Analisis
butir soal
8.
Konversi
nilai
Uraian pokok bahasan materi kuliah
pada setiap pertemuan:
1. silabus dan kegiatan perkuliahan
2. pengertian dan konsep pengukuran, penilaian, dan
evaluasi proses dan hasil belajar.
3. tujuan dan fungsi evaluasi dalam proses pendidikan
dan pembelajaran
4. prinsip-prinsip penilaian dan ciri-ciri penilaian
dalam pendidikan
5. teknik dan alat penilaian serta prosedur penilaian
6. persyaratan penilaian dalam pendidikan
7. prosedur dan langkah pembuatan tes
8. kelebihan dan kekurangan serta prosedur penyusunan
tes dan latihan menyusun tes
9. menguji validitas, reliabilitas, daya beda, dan
tingkat kesukaran dari tes yang sudah di cobakan dan merevisi soal
10. cara pemberian skor dan nilai serta berlatih
memberi skor dan menilai
11. mendiskusikan jenis dan macam nun tes serta prosedur
penyusunan teknik non tes
12. menganalisis data hasil non tes
13. Penggunaan program exel dan anates untuk analisis
data evaluasi pembelajaran
14. menyusun portofolio
15. menuliskan laporan hasil penilaian
Tugas mahasiswa:
1.
Membuat Resume perkuliahan
setiap minggu tentang materi yang akan dibahas
2.
Membuat rencana penilaian
3.
Membuat soal
4.
Mengujicobakan soal
5.
Mengolah hasil uji coba menjadi
nilai
6.
Menganalisis soal yang telah
dicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indek kesukaran dan daya
pembeda, analisis distraktor
7.
Membuat laporan tugas 2 sampai
6 dan mnyerahkannya secara lengkap
8.
Menyusun instrumen penilaian
teknik non tes
9.
Menguji cobakan intrumen non
tes
10.
Menaganalisis hasil uji coba
non tes
11.
Membuatl laporan tugas 8 sampai
10
Referensi:
1. Suharsimi Arikunto, (2007) Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
2. M. Ngalim Purwanto,
(1986). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung: CV
Remaja Karya
3. Cony Semiawan Stamboel,
(1986) Prinsip dan Teknik Pengukuran dan Penilaian di dalam Dunia
Pendidikan. Jakarta: PT Mutiara Sumber Widya.
4.
T. Raka
Joni, (1984) Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.
5. Nana Sudjana, (1990) Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
6. Sumarna Surapranata dan
Muhammad Hatta, (2004) Penilaian Portofolio. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
7. Asnelly Ilyas, (2006) Evaluasi
Pendidikan. Batusangkar : STAIN Batusangkar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar